Pengertian pemasaran menurut para ahli :
- Philip Kotler, pemasaran adalah serangkaian kegiatan manusia yang ditujukan untuk mempelancar serta menempurnakan pertukaran.
- D.W. Foster, Pemasaran adalah suatu proses yang sistematis,berurutan dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan usaha.
- William J. Stanton, pemasaran adalah suatu sistem keseluruan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, menpromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
- Lembaga pendidikan dan pembinaan manajemen, mendefinisikan pemasaran adalah usaha mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen dan menjelmakannya, sehingga menjadi produk atau jasa.
Penarikan kesimpulan : Sebagai usaha untuk menciptakan dan mengarahkan suatu standar kehidupan masyarakat.
- Dalam arti sempit pemasaran adalah kegiatan usaha yang selalu berhubungan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen ke tangan konsumen.
- Dalam arti luas pemasaran adalah segala usaha peningkatan tentang keinginan dan kebutuhan para konsumen terhadap barang atau jasa, atau suatu usaha menciptakan dan mengarahkan standar hidup untuk kepentingan konsumen terhadap barang-barang dan jasa dengan tujuan memperoleh rasa kepuasan.
- Dalam pengertian sederhana pemasaran adalah proses sosial dimana individu atau kelompok dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan melalu i proses pertukaran atau semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan yang efektif.

0 komentar:
Posting Komentar