Para pemasar baik itu pemasar individu dan Manager Pemasaran dari sebuah perusahaan semuanya membutuhkan informasi yang tepat dan akurat tentang konsumen, pesaing dan produk yang akan dipasarkan maupun produk atau jasa dalam rangka meningkatkan penjualan. Informasi yang tepat dan akurat diperlukan untuk mengambil sebuah keputusan jangka pendek maupun jangka panjang, informasi yang tepat dan akurat harus diupayakan dengan melakukan riset pasar. Tidak dipungkiri bahwa riset pasar memerlukan perencanaan, biaya, waktu dan ketekunan serta keahlian.

Riset pasar dapat berhasil dengan adanya perencanaan bertahap agar hasil dari riset pasar dapat diolah dan dianalisa, sehingga data atau informasi yang disajikan dapat berguna bagi para pemasar atau manajemen dari sebuah perusahaan. Informasi yang disajikan berguna sebagai dasar dari sebuah keputusan manajemen.

Pengertian analisa, riset, pasar, dan analisa riset pasar :


1. Pengertian Analisa
Analisa atau analysis dalam bahasa inggris adalah suatu kegiatan untuk mencermati dan mengamati secara terperinci sesuatu objek dengan cara menguraikan unsur-unsur pembentuknya atau penyusunnya untuk di kaji lebih lanjut. Sesuatu objek adalah produk dan data calon pelanggan berupa prilaku, keinginan dll yang berhubungan dengan produk dan layanan.


2. Pengertian Riset
Riset atau research dalam bahasa inggris adalah suatu proses investigasi yang dilakukan secara aktif, teliti, tekun, dan sistematis, bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan atau menafsirkan, dan merevisi atau menelaah yang baik dan yang buruk data atau informasi. Sedangkan yang dimaksud investigasi adalah upaya penelitian,penyelidikan, pengusutan, pencarian, pemeriksaan dan pengumpulan data, informasi, dan temuan lainnya untuk mengetahui/membuktikan kebenaran atau bahkan kesalahan sebuah informasi yang kemudian menyajikan kesimpulan atas rangkaian temuan dan susunan kejadian. Sistematis adalah segala usaha untuk meguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu, mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya.


3. Pengertian Pasar
Pasar atau market dalam bahasa ingris adalah salah satu dari berbagai alur yang beraturan (sistem), institusi atau lembaga, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur (tempat) dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang, kartu kredit, debet bank dan PayPal.

Kesimpulan :

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa analisa riset pasar adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapai para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran
Dari pengertian analisa riset pasar diatas untuk melakukan dan perlakukan hasil riset pasar dengan tahap-tahap sebagai berikut :
1. Rancangan artinya merancang dengan mendifinisikan masalah dan Sasaran Riset
2. Mengembangkan rencana riset
3. Pengumpulan artinya mengumpulkan data atau informasi
4. Analisis artinya menganalisis data atau informasi yang diperoleh
5. Pelaporan artinya menyajikan hasil dari riset pasar temuan-temuan dari hasil riset pasar.
6. Informasi dari hasil laporan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.



0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Recent Posts

SELAMAT DATANG DI BLOG SUSANTI.......